Mengenal jaringan komputer

 Bab III  Mengenal jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Apa itu jaringan komputer ? Jaringan komputer adalah suatu sistem yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya  melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga bisa saling berbagi  aplikasi, data ataupun berbagi hardware komputer. 

Istilah jaringan komputer juga bisa diartikan sebagai suatu kumpulan beberapa terminal komunikasi yang terdiri atas dua komputer atau lebih yang saling  terhubung. 

Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah supaya data atau informasi yang dibawa oleh transmitter (pengirim) bisa sampai kepada receiver (penerima)  dengan tepat, cepat dan akurat.

Pengertian jaringan komputer menurut para ahli

a) Pengertian Jaringan Komputer Menurut Jafar Noor Yudianto

Menurut Jafar Noor Yudianto, "Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer - komputer yang didesain untuk dapat berkomunikasi (surel, pesan instan), berbagi sumber daya (printer,CPU), dan dapat mengakses informasi (peramban web).

b) Pengertian Jaringan Komputer Menurut Abdul Kadil

Abdul Kadil menyatakan bahwa yang dimaksud dengan Jarigan Komputer adalah "suatu hubungan dua buah simpul (umumnya berupa komputer) atau lebih yang tujuan utamanya yaitu untuk melakukan pertukaran data."

c) Pengertian Jaringan Komputer Menurut Izaas El Said

Izaaz El Said juga berpendapat tentang pengertian jaringan komputer, menurut nya jaringan komputer adalah "sebuah sistem dimana terdapat beberapa komputer yang saling terhubung, untuk saling bisa berbagi informasi dan juga sumber daya yang dipunyai nya."

Macam – macam Jaringan Komputer

Macam – macam jaringan komputer dapat dikelompokkan menjadi :

• Berdasarkan jangkauan geografisnya

• Berdasarkan media transmisi datanya

• Berdasarkan distribusi sumber informasi / data nya

• Berdasarkan jenis topologinya 

• Berdasarkan peranan setiap komputer dalam memproses data

Berdasarkan Jangkauan Geografisnya

Berdasarkan jangkauan geografisnya, jaringan komputer dibagi menjadi

tiga macam, yaitu :

LAN (Local Area Network) 

Local Area Network,disingkat LAN, merupakan jaringan komputer yang hanya mencakup area atau wilayah yang kecil saja, biasanya digunakan pada jaringan di warnet, kantor, atau sekolah. Pada umumnya, luas area jaringan LAN tidak lebih dari 1 km persegi. Jaringan LAN menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet dengan kecepatan transfer data mulai dari 10, 100, sampai 1000 MB/s. Selain menggunakan teknologi Ethernet (dengan kabel), tak sedikit juga yang menggunakan teknologi tanpa kabel untuk jaringan LAN, contohnya Wi-fi .





b) MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network atau MAN adalah jaringan komputer dalam satu kota atau antar kota tertentu dengan kecepatan transfer data yang tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti perkantoran, kampus, pemerintahan, dan lain-lain.


c) WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network atau yang biasanya disingkat WAN adalah suatu jenis jaringan komputer yang sangat luas, mencakup negara dan  benua, media transmisi yang biasa digunakan dalam jaringan WAN  adalah kabel bawah laut dan satelit. WAN merupakan jenis jaringan komputer yang merupakan gabungan  dari jaringan dua atau lebih jaringan LAN dan MAN. Oleh karena WAN  memiliki cakupan area yang sangat luas, biasanya jaringan WAN akan  melibatkan operator telekomunikasi pada suatu negara di dalamnya yang bertujuan supaya perangkat-perangkat yang ada dalam jaringan  WAN dapat saling berkomunikasi satu sama lain.Kecepatan transfer  data pada jaringan WAN beragam, dari 2Mb/s sampai dengan 625  Mb/s.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perangkat keras intranet dan internet

Seni lukis kolase