Seni lukis kolase

 Mungkin dari kalian ada yang bertanya 

APA ITU SENI KOLASE? 

Seni kolase diciptakan oleh seniman kubisme Braque dan Picasso, istilah "kolase" berasal dari kata "coller" (Bahasa Prancis), atau "to glue" (merekatkan), atau "to stick"(menempel)." Gerakan itu sendiri dimunculkan oleh sepasang seniman ini, yang mulai bekerja dengan berbagai media untuk membuat kumpulan avant-garde sekitar tahun 1910. Avant-garde (pengucapan bahasa Prancis: [avɑÞ?a?d]) berarti "advance guard" atau "vanguard". 

Bentuk kata sifat digunakan dalam bahasa Inggris untuk merujuk kepada orang atau karya yang eksperimental atau inovatif, terutama penghormatan kepada seni, budaya, dan sosial masyarakat. Avant-garde menunjukkan perlawanan terhadap batas-batas apa yang diterima sebagai norma dalam suatu kebudayaan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Avant-Garde berarti: Garda depan, kelompok seniman yang karyanya membawa pembaharuan, eksperimental, dan inovatif.

Kolase dapat dibuat dari berbagai bahan, meskipun sebagian besar terbuat dari kertas atau kayu dan sering menampilkan foto cut-and-paste (potong dan tempel), bentuk lukisan, atau bahkan benda 3 dimensi. Semakin banyak seniman modern mulai mengeksplorasi praktik ini sepanjang abad ke-20, medium ini menjadi semakin bervariasi dan semakin eksperimental.

Seni Kolase juga dapat digunakan sebagai pemanfaatan limbah,agar bisa menghasilkan lingkungan yang bersih karena tidak ada limbah berbahaya.

Limbah dapat dibedakan, seperti limbah plastik (anorganik),dan limbah organik(sejenis tumbuhan). Kali ini saya akan memberikan contoh dari limbah plastik yaitu: terbuat dari limbah makanan kemasan 

Alat dan bahan:

1. Gunting

2. Lem kertas

3. Kertas hvs a4

4. Bungkus dari sisa makanan kemasan 

5. Kardus bekas/triplek (ukuran bebas)

Cara pembuatan:

Pertama, siapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat seni kolase,

kedua buatlah sketsa gambar pada kertas hvs a4,

Ketiga,Gunting kecil-kecil bungkus dari sisa makanan kemasan untuk mempermudah cara menempel pada kertas tersebut,

Keempat,setelah kalian tempel dikertas hvs, kemudian tempelkan kertas hvs tersebut ke kardus. Dan kolase pun sudah selesai kalian juga boleh menghiasinya.

Contoh gambar yang sudah selesai,




Video Seni kolase
https://youtu.be/j-DR7wcSJ8w
Tolong di like & subscribe juga ya_


~Sekian terima kasih~




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal jaringan komputer

Perangkat keras intranet dan internet